Artikel Terbaru

Kandungan dan Manfaat Buah Jambu Monyet

Buah Jambu Monyet

manfaat daging buah jambu monyet,manfaat biji jambu mete,manfaat daun jambu mete untuk wanita,getah jambu monyet,jambu monyet untuk ibu hamil,manfaat jambu mete untuk ibu hamil,cara mengolah biji jambu mete,budidaya jambu mete,jual jambu monyet,jambu monyet,manfaat buah jambu monyet,harga jambu mete,wow 10 manfaat buah jambu monyet,manfaat jambu monyet
Buah Jambu Monyet

Jambu monyet atau biasa disebut juga jambu mente yang ketika matang akan memiliki warna merah dan hijau di bagain bawahnya. Rasanya yang asam dan sepat ini tetap memiliki manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi. Apa saja manfaat buah jambu monyet? Yuk simak terus artikel ini.

Keunikan Buah Jambu Monyet

Jambu ini lebih dikenal sebagai jambu mente karena terdapat biji metenya di bagian bawahnya. Nah, biji mete inilah yang diambil untuk dijadikan camilan kacang mente. Buah ini sudah menjadi favorit banyak orang karena rasanya dan khasiatnya bagi kesehatan.
Selain disebut sebagai jambu mente dan jambu monyet, buah ini juga bisa disebut sebagai jambu mede. Uniknya, buah jambu ini tidak tergolong dalam satu spesies buah jambu lainnya atau Myrtaceae. Jutstru buah ini tergolong dalam spesies pohon mangga alias spesies Anacardiaceae. Dan yang lebih terkenal bukanlah buahnya, melainkan bijinya yang dijadikan camilan kacang-kacangan atau Fabaceae.
Pohon buah jambu monyet bisa mencapai maksimal 12 meter yang bukan termasuk pohon tegak yang mana memiliki banyak cabang menyamping, tapi tidak rimbun. Tahukah Anda kalau buah jambu monyet ini sebenarnya bukan tergolong jenis buah. Karena buah tersebut sebenarnya adalah dasar bunga yang mengembang setelah proses pembuahan. Bisa dikatakan bahwa buah ini adalah buah semu. Karena sebenarnya bagian buahnya ini adalah pada biji mentenya yang memiliki cangkang keras. Ya, kacang mente.
Hal ini dikarenakan rasa buiahnya yang manis bercampur asam yang jarang dijadikan komoditi pasar, melainkan kacang mentenya yang gurih dapat dijadikan komoditi pasar sebagai camilan. Bahkan pada industri makanan sangatlah berguna seperti sebagai penghias kue atau cokelat. Uniknya lagi, bahwa buah jambu monyet ini bisa dijadikan lalapan untuk makanan kita.

Kandungan Buah Jambu Monyet

Buah jambu monyet memiliki kandungan banyak gizi yang bagus untuk kesehatan. Berbagai gizi itu di antaranya adalah protein, kalori, lemak, hidrat arang, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, dan vitamin C.
Sehingga, buah jambu ini sangatlah layak untuk dikonsumsi karena banyak khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

manfaat daging buah jambu monyet,manfaat biji jambu mete,manfaat daun jambu mete untuk wanita,getah jambu monyet,jambu monyet untuk ibu hamil,manfaat jambu mete untuk ibu hamil,cara mengolah biji jambu mete,budidaya jambu mete,jual jambu monyet,jambu monyet,manfaat buah jambu monyet,harga jambu mete,wow 10 manfaat buah jambu monyet,manfaat jambu monyet
Manfaat Buah Jambu Monyet
Manfaat Buah Jambu Monyet
Dalam ilmu pengobatan, bahwa buah jambu mente ini memiliki khasiat sebagai obat. Hal ini sudah terbukti di berbagai negara, bahkan masuk ke daftar prioritas WHO sebagai tumbuhan obat paling baik di dunia. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa diambil dari buah jambu monyet ini.
ü  Menurunkan Kadar Kolestrol
Jambu monyet dipercaya dapat menurunkan kadar kolestrol. Karena jambu monyet memiliki kandungan lemak tak jenuh yang mana tidak akan tertimbun di dalam tubuh. Sehingga buah jambu ini bisa mencegah terjadinya kolestrol tinggi.
ü  Menurunkan Resiko Kanker
Kandungan mineral, serat dan vitamin yang dimiliki buah jambu mente ini dapat mencegah terjadinya pembentukan sel kanker pada tubuh. Seperti yang diketahui bahwa kanker dapat terjadi karena adanya pembentukan sel-sel yang tumbuh secara normal pada tubuh hingga berubah menjadi sel kanker.
ü  Mencegah Penyakit Anemia
Anemia adalah penyakit yang menyerang tubuh yang dapat membuat tubuh kita cepat lelah karena kekurangan sel darah merah yang mana sebagai penguat tubuh. Karena kandungan di dalam buah monyet ini terdapat zat besi yang cukup, maka buah ini sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit anemia karena dipercaya dapat membantu pembentukan sel darah merah.
ü  Mengobati Kutil
Banyak sekali obat alternatif untuk menyembuhkan kutil pada kulit kita. Kutil ini disebabkan karena virus pada kulit. Salah satu cara mengatasinya adalah menggunakan minyak yang terbuat dari ekstrak kulit buah jambu mente.
ü  Penangkal Radikal Bebas
Efek radikal bebas mulai marak akhir-akhir ini yang mana sangat membahayakan bagi kita. Dengan adanya vitamin C pada kandungan buah jambuh monyet, maka buah ini dapat membantu fungsi anti oksidan yang bagus untuk pencernaah tubuh dan sebagai pelindung radikal bebas.
ü  Kecerdasan Otak
Kandungan dalam buah jambu mente dipercaya dapat meningkatkan kemampuan fungsi otak yang sedang terganggu seperti hilang ingatan, pikun, halusinasi, dan yang lainnya.


Itulah kandungan dan manfaat dari buah jambu monyet yang perlu kita ketahui untuk kesehatan tubuh kita. Smeoga bermanfaat.

SUMBER : http://www.manfaat-sehata.com/
Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel