Artikel Terbaru

Selalu utamakan Asupan suplemen betakaroten Alami untuk mata dan tubuh sehat

Asupan beta karoten di dalam tubuh diubah menjadi vitamin A yang yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata serta sistem imun. Antioksidan yang berperan penting melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan juga dapat dihasilkan dari Beta karoten.

Salah satu jenis karotenoid adalah Beta karoten. Beta karoten juga merupakan pigmen dari tanaman, yang berwarna kuning, merah dan oranye. Beta karoten dapat menyokong hingga separuh kebutuhan vitamin A bagi tubuh bersama dengan karotenoid lain.
suplemen herbal penambah berat badan,suplemen herbal untuk anak,suplemen mata,k-link suplemen herbal,suplemen herbal terbaik di dunia,suplemen,suplemen herbal pelancar asi,suplemen herbal penambah asi,suplemen herbal untuk stamina,suplemen herbal pria,suplemen herbal peninggi badan,suplemen herbal antioksidan,suplemen herbal pemutih kulit,suplemen herbal untuk ibu hamil,suplemen herbal untuk vitalitas pria
Asupan suplemen berakaroten Alami

Sumber Alami

Aktivitas antioksidan yang berperan melindungi sel-sel dari kerusakan juga dimiliki oleh Beta karoten. Beta karoten juga dikenal sebagai bentukan dari vitamin A yang memiliki sejumlah manfaat.

Dari sebagian penelitian, seseorang yang mengonsumsi banyak sayur atau buah-buahan yang kaya vitamin, mineral, dan beta karoten memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit jantung dan jenis kanker tertentu.

Asupan beta karoten harian bisa kita peroleh dari berbagai jenis buah dan sayur seperti wortel, ubi manis, bayam, melon, dan aprikot. Konsumsi buah dan sayur sebanyak 5 porsi per hari dapat memenuhi kebutuhan 6-8 mg beta karoten.

Sebaiknya konsumsi sayur atau buah-buahan yang masih segar karena mengandung beta karoten yang lebih tinggi. Sedangkan buah dan sayur beku atau kalengan telah mengalami penurunan kandungan beta karoten.


Manfaat Ekstra dari Beta Karoten

Selain menjaga kesehatan mata dan menstabilkan sistem imun, beta karoten juga bermanfaat di dalam:
1. Mencegah jenis kanker seperti, katarak, degenerasi makula terkait usia, dan penyakit jantung.
2. Membantu pengobatan AIDS, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, hipertensi, sakit kepala, mulas, kecanduan alkohol, depresi, epilepsi, rheumatoid arthritis, skizofrenia, vitiligo, dan psoriasis.
3. Mengurangi risiko rabun ayam dan risiko kematian pada ibu hamil yang mengalami malnutrisi. Beta karoten juga penting untuk mengurangi risiko demam dan diare pasca melahirkan.
4. Mengurangi risiko terbakar sinar matahari. Termasuk pada orang yang memiliki sensitivitas terhadap sinar matahari, seperti erythropoietic protoporphyria.
5. Mengurangi gejala asma yang dipicu oleh aktivitas olahraga.


Hati-hati Konsumsi Suplemen Beta Karoten

Asupan beta karoten aman dikonsumsi dari anak-anak hingga orang dewasa juga untuk ibu hamil dan menyusui dalam batas normal, asalkan jumlahnya sesuai kebutuhan. Pengunaan jangka panjang serta kelebihan asupan beta karoten berdampak pada perubahan warna kulit yang menjadi kuning atau oranye.

Penggunaan suplemen beta karoten harus selalu berdasarkan rekomendasi dokter. Penelitian menunjukkan dosis suplemen beta karoten yang terlalu tinggi bisa menimbulkan efek samping dan meningkatkan risiko kanker. Konsumsi suplemen beta karoten bersamaan dengan multivitamin juga dipercaya dapat meningkatkan risiko kanker prostat pada kaum pria.

Sebelum mengkonsumsi suplemen beta karoten pastikan tubuh tidak dalam kondisi seperti:
1. Perokok
Beta karoten dalam bentuk suplemen dapat meningkatkan risiko kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker paru-paru. Hindari mengonsumsi suplemen beta karoten jika belum dapat meninggalkan rokok.
2. Pernah menjalani prosedur angioplasti 
Prosedur untuk membuka sumbatan atau penyempitan pembuluh darah ini, dikhawatirkan akan mengganggu proses penyembuhannya yang diakibatkan mengkonsumsi suplemen beta karoten. Jadi, mintalah saran dari dokter untuk memastikan perlu tidaknya pemberian asupan beta karoten.
3. Memiliki riwayat paparan mineral asbes
Pemberian suplemen beta karoten pada kondisi ini dapat meningkatkan risiko kanker.
Asupan beta karoten sebaiknya berasal dari sumber alami, seperti sayur dan buah segar. Asupan suplemen beta karoten harus selalu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

SUMBER: 
NIH US National Library of Medicine. MedlinePlus (2017). Beta-Carotene.
WebMD (2017). Beta-Carotene.
WebMD. Vitamins & Supplements. BETA-CAROTENE.
MedicineNet (2011). Beta-Carotene.
Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel